Mengenal Penyakit Dan Gejala Pembekakan Kelenjar Getah Bening Lebih Mendalam

Kelenjar getah bening, juga disebut sebagai kelenjar getah bening, adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Kelenjar getah bening terletak di seluruh tubuh tetapi terlihat dan dapat dirasakan (teraba) hanya ketika mereka membesar atau bengkak, yang dikenal pembengkakan kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening bersifat regional, dan masing-masing kelompok berhubungan dengan daerah tubuh tertentu dan mencerminkan ketidaknormalan di wilayah itu. Area umum di mana pembengkakan kelenjar getah bening lebih menonjol dan lebih mudah terlihat adalah:

  • Di belakang telinga
  • Di leher
  • Pangkal paha
  • Di bawah dagu
  • Di ketiak

Dokter dan profesional perawatan kesehatan lainnya memeriksa area ini untuk pembesaran kelenjar getah bening. Berbagai infeksi yang luas adalah penyebab paling umum pembengkakan kelenjar getah bening, misalnya, radang tenggorokan, infeksi telinga, dan mononukleosis. Masalah medis yang lebih serius seperti infeksi HIV, limfoma (limfoma non-Hodgkin) atau kanker lain, atau lupus dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Jarang, obat dapat menyebabkan masalah. Gejala yang terkait dengan pembengkakan kelenjar getah bening dan penyakit terkait dapat meliputi rasa sakit di area pembengkakan, demam, dan kelelahan. Tidak semua kelenjar getah bening yang bengkak abnormal.

Image result for kelenjar getah bening halodoc

Gejala Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening biasanya merupakan akibat dari peradangan lokal atau luas, tetapi kadang-kadang kelenjar getah bening yang membesar disebabkan oleh kanker.

Gejala kelenjar getah bening yang bengkak meliputi:

  • Pembengkakan
  • Nyeri terlokalisasi
  • Kehangatan di area yang terlibat
  • Kelembutan

Apa itu kelenjar getah bening? Apa yang mereka lakukan?

Kelenjar getah bening adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan untuk membantu melawan infeksi. Pembengkakan kelenjar getah bening yang biasanya disebabkan oleh infeksi disebut limfadenitis. Kelenjar getah bening (kadang-kadang disebut kelenjar getah bening) adalah struktur kecil, lunak, bulat, atau oval yang ditemukan di seluruh tubuh dan terhubung satu sama lain dalam rantai. Limfatik adalah cairan berair yang bersirkulasi di dalam pembuluh limfatik. Kelenjar getah bening ditemukan di dekat pembuluh ini. Di dalam kapsul, kelenjar getah bening mengandung beberapa jenis sel imun. Sel-sel ini terutama limfosit, yang menghasilkan protein yang menangkap dan melawan virus dan mikroba lainnya, dan makrofag, yang menghancurkan dan menghilangkan bahan yang ditangkap.

Di mana kelenjar getah bening berada di dalam tubuh ?

Kelenjar getah bening terletak di seluruh tubuh. Beberapa langsung di bawah kulit sementara yang lain jauh di dalam tubuh. Bahkan kelenjar getah bening yang paling dangkal (dekat dengan kulit) biasanya tidak terlihat atau teraba (dirasakan dengan menyentuh), kecuali jika mereka bengkak atau membesar. Kelenjar getah bening terhubung satu sama lain oleh limfatik yang terikat dengan longgar. Kelenjar getah bening umumnya menyatu di berbagai daerah di tubuh di mana mereka bertanggung jawab untuk menyaring darah dan melakukan fungsi imunologis mereka untuk daerah tertentu dari tubuh. Cairan dari pembuluh limfatik akhirnya masuk ke sistem vena (vena) di dalam tubuh.

Apakah kelenjar getah bening yang bengkak menyakitkan?

Secara umum, pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau kanker bisa menyakitkan atau lunak. Beberapa penyebab bening kelenjar getah bening yang bengkak mungkin tidak menyakitkan.

Lokasi umum kelenjar getah bening yang bengkak

Kelenjar getah bening di berbagai bagian tubuh dapat menjadi bengkak karena berbagai alasan. Orang-orang sering dapat melihat pembengkakan kelenjar getah bening

  •  leher,
  • belakang telinga,
  • pangkal tengkorak (daerah oksipital),
  • bawah rahang,
  • atas tulang selangka,
  • bawah lengan, dan
  • sekitar pangkal paha.

Pembengkakan kelenjar getah bening di bagian samping leher atau di bawah rahang: Pembengkakan kelenjar getah bening di sisi leher atau di bawah rahang adalah yang paling umum. Mereka mungkin mewakili infeksi di sekitar area itu, seperti infeksi gigi atau abses, infeksi tenggorokan, penyakit virus, atau infeksi saluran pernapasan atas. Sebagian besar penyebab pembengkakan kelenjar getah bening di daerah ini jinak (non-kanker) tetapi kadang-kadang pembengkakan kelenjar getah bening ini juga menunjukkan kanker di daerah kepala dan leher.

Kelenjar getah bening yang bengkak di belakang telinga dan di daerah oksipital (pangkal tengkorak): Kelenjar getah bening yang bengkak di belakang telinga atau di pangkal tengkorak mungkin berhubungan dengan infeksi di sekitar kulit kepala atau mungkin infeksi mata (konjungtiva). Penyebab paling umum dari kelenjar getah bening kulit kepala yang bengkak adalah kondisi kulit yang mempengaruhi kulit kepala, seperti ketombe (dermatitis seboroik); atau abses, atau infeksi jaringan lunak.

Kelenjar getah bening di ketiak (ketiak, ketiak): Kelenjar getah bening di ketiak secara anatomis penting dalam kanker payudara. Mereka sering diperiksa secara fisik pada pasien yang menjalani penyelidikan untuk kanker payudara. Mereka juga memainkan peran penting dalam penentuan stadium (menentukan tingkat) dan memprediksi hasil kanker payudara selama pengangkatan jaringan kanker dari payudara. Banyak kanker termasuk limfoma dan leukemia dapat menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening ini. (Limfoma adalah kanker yang berasal dari kelenjar getah bening.) Kelenjar getah bening ini juga dapat menjadi reaktif dan membesar karena trauma atau infeksi lengan pada sisi yang sama.

Sumber :

https://www.medicinenet.com

https://www.mayoclinic.org

https://www.emedicinehealth.com

sumber gambar

https://www.halodoc.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>